Thursday, January 31, 2013

ROAD TO BE AN UMMU; ADA FLEK DAN USG




Ada kejadian kecil yang cukup membuat saya panik dan agak stress saat dirawat di rumah sakit yang ketiga kali.  Saya yang saat itu sudah positif hamil melalui test pack dan test darah B-HCG berusaha untuk hati-hati sekali beraktifitas.  Apalagi selama dirawat plus menggunakan kateter jadi kegiatan hanya di tempat tidur. 

Nah, suatu waktu saya merasa ada tanda-tanda mau BAB, berhubung saya sudah berhari-hari tidak BAB.  Jadi begitu ada sedikit rasa sakit perut, saya minta izin suster untuk ke kamar mandi.  Awalnya suster melarang utuk BAB di kamar mandi, suster menyarankan menggunakan pispot, karena takut saya kenapa-kenapa di kamar mandi jika ditinggal sendirian.  Tapi saya ngotot tetap di kamar mandi, karena saya merasa nggak nyaman BAB dengan pispot di tempat tidur pulak.  Akhirnya suster mengalah dan mengantarkan saya ke kamar mandi.

“Saya temani ya Bu?”, tawar suster lagi karena masih tidak percaya kalau saya ditinggal sendiri.  WHAT? Bagaimana ceritanya BAB ada orang dihadapan kita?  Malu dan bisa hilang hasrat dari rasa ingin BAB.  Hehehe…Akhirnya setelah saya menolak suster pun meninggalkan saya sendiri di kamar mandi.

Betapa kagetnya saya, begitu (maaf) membuka celana menemukan ada bercak darah yang sudah berona menjadi kecoklatan, bukan flek kecil tapi agak melingkar.  Seketika hasrat mau BAB hilang!  Dan tambah paniklah saya ketika saya (maaf lagi yah) membersihkan v****a pakai tissue masih ada bercak darah yang tersisa.  Segera saya hentikan aktifitas di kamar mandi, kembali ke tempat tidur.
Saya teringat informasi yang saya dapat di internet, memang tanda-tanda hamil muda salah satunya dalah munculnya flek darah di awal kehamilan.  Tapi saya panik karena (menurut) saya itu bukan yang namanya flek.  Pengertian saya soal flek itu kan cuma bercak-bercak kecil, nah sementara kondisi yang saya temukan bukan bercak kecil tapi rembesan bekas darah, hanya saja memang tidak tebal rembesannya tapi membentuk bayangan samar bekas darah.  Apalagi ditambah bekas darah di tissue juga makin membuat saya tambah panik.  Apa iya ini tanda kehamilan yang disebut implantasi (dimana proses terjadinya penempelan embrio di rahim ibu) atau ada hal lain.  Segera saya hubungi suster.
Suster mengecek keadaan saya dan ‘barang bukti’ yang flek di celana dalam saya tadi.  Malu sih, tapi demi ke-shahih-an yah saya perlihatkan.  Akhirnya suster menenangkan saya dan meminta saya jangan banyak bergerak dulu.  Ujarnya bisa jadi itu merupakan implantasi seperti yang saya ketahui. Untuk memastikan, kebetulan siang hari saya ada janji sama dokter obgyn untuk USG, sekalian melaporkan kondisi saya tersebut dan mengecek kondisi rahim saya.  Tiada henti dzikir dan doa agar kandungan saya yang masih sangat muda itu baik-baik saja.  Jujur, jika belum USG saya susah tenang dan menghilangkan stress. Saya cuma bisa pasrah pada akhirnya.

Akhirnya saya menemui dokter obgyn saya sekaligus untuk USG mengecek kondisi rahim saya yang sebelumnya baru dinyatakan positif hamil.  Begitu saya laporan soal ada darah (Flek), dokternya santai-santai aja, tidak terlihat rona khawatir.  Setidaknya itu menenangkan saya.  Alhamdulillah, tambah senang begitu di USG kata dokter tidak ada yang aneh dari rahim dan kandungan saya.  Dokter Cuma bilang NGGAK ADA APA-APA BU! BIASA ITU SIH! Lega lah saya dibuatnya.
Hanya saja, saat di USG, belum Nampak adanya kantong janin pertanda adanya kehamilan.  Sempat khawatir juga sih, tapi kata dokternya itu wajar mengingat itu usia kehamilan yang masih sangat mudah belum ada 4 minggu.  Tapi setidaknya penebalan rahim sebagai salah satu tanda adanya kehamilan awal sudah cukup menenangkan. 
“Tapi kondisi rahimnya bagus dan sehat-sehat aja kan Dok?”, Tanya saya lagi berulang memastikan.  Maklum panic karena flek darah tadi pagi sebelumnya masih sedikit membekas.
“Bagus kok bu, sehat!”, jawab dokter Budi singkat dan tegas.
“Tapi Dok…hummm..normal kan belum kelihatan apa-apa?”, Tanya saya lagi, hehe kelihatan yah saya masih panik.  Suami saya yang mendampingi cuma bisa belai-belai punggung saya mencoba menenangkan.
“Normal Bu, kan masih muda banget.  Minggu depan deh biasanya sudah kelihatan, minimal kantongnya!”.  Jawab si dokter lagi membuat kepanikkan saya makin berkurang.  Syukurlah Alhamdulillah.
Ih..jadi nggak sabar menunggu minggu depannya nih. Hehehe… doakan yah! Aamiin.

Wassalam
Jeung Ririe

No comments:

Post a Comment