Sunday, June 29, 2014

Ramadhan kali ini

Tahun ini saya tidak menunaikan ibadah puasa seperti muslimin pada umumnya.  Kalaupun puasa tidak akan secara penuh sebulan lamanya.  Bulan karena haid atau mentruasi, tapi dikarenakan saya tengah hamil anak pertama saya dan suami, insyaa Allah.

Alasan medis dan hukum agama yang menjadi landasan saya memutuskan untuk tidak berpuasa. Dalam Islam wanita hamil dan menyusui diberikan kemudahan untuk tidak berpuasa. Tinggal nanti di bulan lain diganti dengan membayar fidyah atau meng-qadha puasanya.  Sementara alasan medis, mengingat ini kehamilan yang dinanti-nanti dengan masa tunggu 6 tahun lamanya, kondisi tubuh dan kebutuhan janin, maka untuk meminimalisir kemungkinan kurang baik akibat kurang asupan makanan & gizi, maka saya putuskan memang untuk tidak menjalankan puasa.

Namun, absen dari puasa fisik (makan & minum),  insyaa Allah tidak absen dari puasa hati. Berusaha meningkatkan kualitas ibadah selayaknya orang berpuasa, berusaha menjaga hati, lisan dan laku, ikhlas kRena Allah Ta'ala.   Semoga tidak mengurangi esensi beribadah pada Allah Ta'ala khususnya di bulan nan suci ini. Aamiin allahumma aamiin.

So...bagaimana rutinitas aktifitas ibadah selama bulan Ramadhan mu? Sudah direncanakan dengan matang? ;)


Wassalam
JeungRirie

No comments:

Post a Comment