Thursday, July 17, 2014

Kondisi Kehamilan Terkini

Alhamdulillah trimester kedua telah berlalu dengan aman.
Fase bulan ke-4 hingga ke-6 baru saja terlewati dengen melegakan.  Syukur tidak ada hal-hal tertentu yang mengkhawatirkan.  Kalau pun ada lebih kepada nafsu makan yang masih belum terlalu bagus.  Hingga berat badan saya pun tidak begitu melambung.  Total berat badan dari awal hamil hingga akhir TM2 sebanyak 6 kg, masih normal.

Pemasalahan justru datang di awal trimester 3 ini, bulan ke-6 menuju 7, meski bukan masalah yang terlalu berarti .  Khususnya selama bulan Ramadhan, meski saya tidak berpuasa, mungkin kepengaruh suasana puasa "cuma makan sendirian" jadi selera makan makin menurun.  Alhasil USG terakhir sekitar 2 minggu yang lalu bersamaan dengan USG 4 Dimensi berat badan janin saya agak dibawah standar normal.  "Sedikit" sih kekurangannya, tapi bisa kurang baik jika pola makan saya tidak berubah, kata dokter obgyn-nya.  Jujur, memang saya agak kurang konsumsi makan awal-awal puasa ini.  Maafin Ummi ya Nak!

Paniklah saya dan suami yang sejak awal selalu support istrinya makan banyak.  Meski tinggal berjauhan dan hanya bertemu dua mingguan sekali, tiada henti dia mengingatkan saya untuk menambah porsi dan rutinitas makan.  Ya iya lah, kan bapaknya si baby bala-bala, hehehe...

Saran dokter, saya diminta memperbanyak konsumsi susu yang biasanya bisa menambah berat badan janin juga.  Tanya sana-sini juga rata-rata sarannya memperbanyak minum susu dan es krim.  Hummm...kalau disuruh makan es krim sering-sering sih senang-senang saja.  Hanya saja, kok ya bertepatan dengan saya yang kena flu.  Alhasil saya hanya bisa mengandalkan minum susu, itu pun tidak bisa banyak dan BUKAN susu hamil.  I don't like the taste of susu hamil, bawaannya ujung-ujungnya mual, apa cuma sugesti susu hamil yah?  Solusi saya minum susu full cream yang dikotak biru itu lho yang rasanya agak netral, susu tapi nggak bikin eneg.

Porsi makan belum bisa saya tambah, masih nggak bisa makan banyak sekali makan, nggak suka rasa perut begah.  Tapi saya siasati dengan menambah cemilan setiap 2-3 jam.  Anehnya, kalau nggak hamil, lihat cemilan apapun rasanya menggoda, ini kok ya kebalik yah, meski ada biskuit ini-itu, anke ragam kue dirumah, atau lagi pergi keluar sekalipun dengan aneka rupa makanan berseliweran, tetap aja tidak terlalu bernafsu.  Ngemil pun saya jadikan sekedar "kewajiban", daripada kurang makan.

Alhamdulillah berat badan saya sudah kembali naik.  Jadi sekarang di minggu ke-26 berat badan saya total sudah naik 7 kg-an.  Sebenarnya sih normal, dan di awal-awal justru banyak "lari" untuk janin, cuma karena belakangan ini saja selera agak error jadi dianggap bermasalah.  Mudah-mudahan sekarang dede-nya makan banyak lagi ya dari apa yang dimakan emaknya.  Aamiin.

Ohya hasil periksa USG terakhir kebetulan saya dan suami menjalankan periksa motode 4D, meski tidak diwajibkan, tapi kami penasaran saja "bentuk" calon anak kami meski di usia ini belum terlalu sempurna bentuknya.  Sekalian mengecek kesehatan janin keseluruhan secara detail.  Melalui USG 4D bisa diketahui kesehatan janin hingga se-detail mungkin meski tidak akurat 100%.

Hasilnya alhamdulillah, keseluruhan janin sehat.  Perkembangan dan pembentukan fisik sehat, jantung sehat dengan bilik lengkap, keadaan otak juga bagus, danlainnya juga bagus.  Cuma yang agak kurang itu sedikit berat badannya seperti dijelaskan di atas.

Lucu banget bisa melihat kondisi janin dalam rahim yang sudah berbentuk seperti bayi.  Mata, telinga, hidung, bibir dan bagian tubuh lainnya sudah terlihat dengan sempurna.  ALLAHU AKBAR! Maha Besar Allah dengan segala kuasa-Nya menciptakan manusia sedemikian indah.  Haru? Jangan tanya, kalau nggak mikir dihadapan ada dokter mah saya mungkin sudah nangis bombay sangking harunya.  Maklum lah, 6 tahun tahun bow menantikan hal ini.  Masya Allah, melihat bibirnya gerak-gerak, jarinya menggenggam, duh makin nggak sabar menanti kelahiran di atas usia 9 bulan nanti.

Semoga, kondisi sehat ini terus menjadi bagian proses kehamilan hingga masa persalinan nanti pun dimudahkan dan dilancarkan Allah ta'ala, aamiin allahumma aamiin.

Next...saya dan suami ada rencana pindah dokter dan rumah sakit yang lebih dekat rumah.  Masih dalam pertimbangan.  Keputusannya dilaporkan di posting-an berikutnya insya Allah.

Wassalam
JeungRirie-Ummi wanna be

No comments:

Post a Comment