Thursday, December 12, 2013

Sosok sukses itu?

"Kesuksesan bukan tentang kuantitas/jumlah semata, tapi seberapa besar kita bisa menginspirasi orang lain"

Saya terenyuh dan terdiam saat membaca quote tersebut suatu hari. Simple  tapi penuh makna. SETUJUH PISAN EUY!

Jamak banget kalau kita sering mengagumi seseorang karena definisi kesuksesan yang cenderung nominalisasi, kuantitas seperti jabatan, gaji besar, omset tinggi,  jenjang karir bagus, dan sebagainya. Tentu tidak ada yang salah, hanya saja tentu kesuksesan jadi begitu sempit jika orang sukses hanya dikategorikan si kaya, si terkenal, si Pemilik usaha omset sekian ratus juga atau miliar.

Sukses tidak semata-mata nilai fisik tapi juga lahiriah. Ini versi saya. Bahwa seperti kata quote diatas, bahwa nilai sukses sesungguhnya bukan hasil fisik tapi adalah seberapa besar kita mampu/bisa menginspirasi orang lain secara positif dari apa yang kita lakukan atau berikan.

Mario Teguh saya anggap sukses karena beliau mampu menginspirasi orang melalui tutur kata yang santun, lembut dan motivated!  Oki Setyana Dewi-artis dan juga penulis yang istiqomah berpenampilan sesuai suariat Islam saya kategorikan sukses karena mampu menginspirasi banyak muslimah untuk tetap pada komtimen yaitu Istiqomah berhijab syari di lingkungannya apapun tapi karyanya tetap diterima kalangan manapun.  Muhammad Assad penulis NOTE FROM QATAR sukses mampu menginspirasi banyak anak muda untuk berkarya selagi muda.  Dan masih banyak orang sukses lainnya yang menginspirasi memberikan banyak manfaat dari nilai yang mereka berikan bukan dari nilai apa yang mereka hasilkan.

Saya anggap mereka sukses bukan karena besarnya nilai jasa untuk mengundang seorang Mario Teguh yang konon bisa puluhan juga untuk 1 jam bicara (tapi worthed lah dengan kualitas diri beliau), tapi karena siapa sih yang tidak terpukau dengan cara beliau memotivasi, buktinya beliau laku diundang dimana-mana karena berarti dianggap mampu menginspirasi orang lain hanya dengan berkata-kata which IS tidak mudah lho. Coba aja pidato1 jam di acara RT tanpa membuat tamu bosan ! Mikir kan?

Oki Setyana Dewi saya anggap sukses bukan karena eksis main sinetron atau terkenalnya dia, tapi karena dia sungguh dia telah membuat banyak muslimah meningkat percaya dirinya meski dengan berhijab lebar berbaju longgar yang mungkin jauh dari sisi fasih in trend mode tapi kaya akan karya, buktinya bukunya banyak dicari pembaca muslimah alias laris manis.  Begitu juga dengan tokoh-tokoh lain yang saya sebut diatas tak kalah menginspirasi melalui sepak terjang mereka memberi manfaat bagi orang lain,

Jadi bukan berapa kekayaan Mario Teguh, Apa sinetron atau film Oki Setyana Dewi, bukan pula berap keuntungan usaha seorang anak muda belum 30 tahun tapi sudah punya usaha sendiri jadi penulis pulak! Bukan itu saudara-saudara! Tapi kesuksesan mereka dimata saya karena mereka adalah sedikit dari contoh orang sukses yang mampu menginspirasi banyak orang termasuk saya untuk Berfikir atau bertindak secara positif dan memberi manfaat bagi orang lain seperti apa yang mereka lakukan dan berikan.

Bukankah Rasulullah mengajarkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat?

Nah! Sosok paling menginspirasi adalah seorang Rasulullah, Muhammad Shalallahu'alaihi wassalam.  Beliaulah sosok paling sukses di dunia. Kemulian beliau sebagai seorang hamba Allah semakin mengukuhkan bahwa tak salah ditakdirkan sebagai Rasul Allah Ta'ala.  Banyak hal bahkan hampir seluruh bagian dari diri beliau menginspirasi karena selalu berorientasi pada memberi manfaat.

Beliau menginspirasi bukan karena berapa banyak penyebaran agama Islam di dunia, tapi karena beliau seorang pejuang yang tiada kelemahan, tiada keluh, tiada patah arang/asa.  Selalu apapun yang dilakukannya diperuntukkan bagi umatnya dengan tetap pada komitmennya pada Allah Azza Wajalla.

Semoga kita bisa menjadi orang-orang bermanfaat bagi orang banyak minimal mampu menginspirasi orang lain dari tindakan-tindakan positif kita.  Aamiin! Mari berkarya!

Yuk belajar dari yang

No comments:

Post a Comment