Wednesday, December 4, 2013

Islam: Akidah-Syariah-Ahlak

Kemarin hari Rabu, seperti biasa saya mengikuti kajian rutin di rumah teman. Berikut salah satu kutipan ilmu yang penting banget untuk dibagikan.  Kajian sih sebenarnya bertemakan IMAN PADA ALLAH.  Tetapi sebagai mukadimah Ustadz membahas sedikit tentang Islam secara umum, dan ini poin yang saya sebut penting tapi untuk dibagikan.

Islam terbagi menjadi 3 point :

- Akidah yang bersih : bersih dari hal-hal menyekutukan Allah Ta'ala (No Syirik).
- Syariah : menjalankan kehidupan sesuai syariah Islam yaitu firman Allah dalam AL-Quran & petunjuk Rasul yang disabdakan ya melalui Hadist.
- Ahlak : Umat Islam sesungguhnya adalah yang berakhlak baik, baik itu mencakup Ahlak terhadap Allah (habblumminallah) maupun kepada manusia (manusia).

Secara keseluruhan sebagai umat Islam seharusnya memiliki ketiga point diatas yaitu berakidah yang bersih; tidak percaya ramalan bintang termasuk di dalamnya lho. Menjalani kehidupan sesuai SYARIAT ISLAM; sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Quran dan Hadist serta berakhlak yang baik seperti santun bertutur kata, tidak sombong, tidak menggosip meski cuma nonton infotaiment, menjaga silaturahmi dan sebagainya.

Ada tipe muslim yang dia hanya meyakini Allah sebagai satu-satunya pencipta, tidak percaya dukun/sejenisnya, berarti berakidah bersih.  Namun tidak menjalankan syariat agama yang seharusnya, cara shalatnya masih ngasal, laki-laki tidak sholat ke mesjid (Hey! Tahukah kamu laki-laki wajib sholat ke mesjid?), wanita tidak menutup auratnya sesuai syari (paha & ketiak obral kemana-mana), berarti secara syariah belum benar.  Meskipun dia berakhlak baik; ramah pada setiap orang, sering bersedekah, santun bertutur kata, tidak suka menggunjingkan orang. Kemana syariahnya?

Ada juga tipikal yang berakidah hanya pada Allah Subhanallahu wata'ala; tidak menjalankan ritual-ritual adat budaya (menentukan hari baik untuk pernikahan termasuk perbuatan Syirik lho), menjalankannya kehidupan sesuai Syariat Islam yang tercantum dalam Quran & Hadist; menutup aurat secara syari, laki-laki memelihara jenggot.  Namun berakhlak tidak baik; masih suka membicarakan aib orang (nonton infotainment termasuk lho gibah lho), bertutur kata kasar, sombong, mengeksklusifkan diri.  Nah kemana Ahlaknya?

Jadi...kalau misalnya ada muslimah berjilbab tapi masih suka bergosip,
"Idih! Ga sayang sama jilbabnya masih suka ngomongin orang!".  
JANGAN salahkan jilbabnya, IT IS TWO DOFFERENT THINGS SISTA!Dengan jilbabnya berarti dia sudah menjalankan Islam sesuai syariah, nah negative side-nya yang gossiper itu kan soal Ahlaknya. SYARIAH Islam yang dijalankannya sudah benar, AHLAKNYA yang belum benar, baru kelihatan kan itu ternyata 2 hal berbeda?
Lebih buruk sudah tidak berjilbab eh masih suka nonton infotainment plus membicarakan aib temannya sendiri, IT IS TOTALLY WORSE!  So..mari kita tutup aurat dengan benar dan juga kita perbaiki Ahlak kita. Keren yah! Eh tentunya jangan syirik, dosa besar, pokoknya JUST ALLAH AZZA WAJALLA!

WOW! Membaca detil dan mencoba memaknai poin-poin diatas ternyata kita masih jauh dari Islam sebenarnya yah? Astagfirullah!  Yuk sama-sama kita perbaiki diri menjadi insan muslim yang lebih baik hari ke hari, aamiin.  InsyaAllah.

Jeungririe 

Jadi, kalau Muslim sebenarnya haruslah mencakup tiga poin diatas yah? Sudah sanggup kan kita?

No comments:

Post a Comment